Thursday, January 22, 2015

Asam Jawa Menyegarkan Dan Menyehatkan

Dulunya buah asam hanya digunakan sebagai pemberi rasa asam pada masakan atau untuk hilangkan bau anyir serta amis pada protein hewani khususnya ikan. Ada permen, minuman asam, bumbu instan, manisan, sirup, selai, dan banyak lagi lainnya.

Mungkin karena rasanya yang begitu masam sehingga buah ini disebut dengan buah asam. Buah yang masih muda berkulit cokelat dengan daging buah berwarna hijau kekuningan. Buah asam yang telah masak warna kulitnya cokelat tua, jika dikupas akan terdapat rongga yang memisahkan daging buah dengan kulitnya.

Asal Usul Tanaman Asam Jawa

Asam jawa (Tamarind / Tamarindusindica Linn) adalah tanaman asli India. Tanaman ini tumbuh sempurna pada iklim tropis dan sub tropis. Kata “Tamarind” berasal dari bahasa Arab “Tamar Hindi” yang artinya “Kurma dari India”. Penamaan tersebut didasarkan pada tampilan  fisik dan tekstur daging yang menyelimuti biji dan mirip dengan kurma, tapi rasanya asam.

asam jawa bermanfaat untuk menyegarkan dan menyehatkan

Asam jawa termasuk tumbuhan tropis berbuah polong. Batang pohonnya cukup keras, dapat tumbuh dan menjadi besar serta berdaun rindang. Daunnya bertangkai panjang dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerahan. Polongnya berwarna cokelat dengan rasa dan aroma khas asam yang tajam. Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2-5 buah yang berbentuk pipih berwarna cokelat kehitaman.

Kandungan Zat Gizi Pada Asam Jawa

Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia seperti asam apel, asam sitrat, asam tartrat, asam suksinat, pectin, dan gula invert. Kandungan gizi dalam 100 gram asam terdiri dari air 31,4%, protein 2,8 gram, lemak 0,6 gram, karbohidrat 62,5 gram, serat 3 gram, kalsium 74 mg, kalori 239 kal, pospor 113mg, zat besi 0,6 mg, vitamin A 50 IU, vitamin B1 0,34 mg, dan vitamin C 2mg. Dalam asam jawa juga terkandung potassium, riboflavin, dan riacin.

Asam Jawa Dalam Makanan

Aroma dan citarasa asam bisa memberikan rasa unik dan menyegarkan. Penggunaannya memang bisa digantikan dengan air perasan jeruk nipis atau cuka. Namun citarasa yang didapat jika menggunakan asam jawa lebih khas. Asam jawa untuk bumbu pada masakan diambil dari daging buahnya yang tua. Biasanya dijual dalam keadaan utuh, bentuk bubur padat (pasta) dengan atau tanpa biji. Yang banyak digunakan pada masakan adalah asam jawa bentuk pasta.

Penggunaan asam jawa sebagai bumbu pada masakan adalah dengan cara melarutkan 1 sendok makan asam jawa dengan 30 ml air panas, diamkan hingga air menjadi dingin. Remas-remas asam jawa, lalu larutannya disaring. Air asam jawa inilah yang dipergunakan sebagai tambahan pada masakan. Selain sebagai bumbu masakan, asam jawa bisa dicampurkan dalam produk minuman. Rasa asam yang dihasilkan memberikan kesegaran yang berbeda. Porsi asam dalam pembutan minuman, biasanya fifty-fifty dengan bahan campuran lainnya.

Terapi Kecantikan Dengan Asam Jawa

Kecanggihan teknologi telah mampu mengolah dan memanfaatkan asam jawa bukan hanya sekedar untuk dikonsumsi saja. Buah berkadar asam tinggi ini, bisa dimanfaatkan untuk terapi kecantikan. Baik kecantikan dari dalam maupun dari luar tubuh bisa memanfaatkan buah asam. Untuk perawatan kecantikan dari luar, buah asam bisa digunakan untuk lulur atau vitamin untuk perawatan rambut. Sedangkan untuk perawatan kecantikan dari dalam, asam jawa bisa diolah menjadi ramuan penyehat dan pemberi kebugaran tubuh. Bisa diolah menjadi jamu, ramuan herbal, atau miniman serbuk.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah kondisi abnormal kulit karena produksi kelenjar minyak (sebecocus gland) yang berlebihan. Akibatnya terjadi penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit dan muncul ke permukaan kulit menjadi bulatan jerawat. Daerah yang mudah terkena jerawat adalah wajah, dada, punggung, dan lengan bagian atas. Ada tiga tipe jerawat yaitu komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu. Komedo adalah nama ilmiah dari pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead), memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil dibawah kulit. Jerawat biasa mudah dikenali, berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan yang muncul karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi bakteri. Sedangkan jerawat batu atau biasa disebut dengan jerawat jagung, adalah jerawat besar menonjol yang meradang hebat, menyebar diseluruh wajah. Penyebab timbulnya jerawat beragam, bisa karena stress, keturunan, aktivitas hormon, kelenjar minyak hiperaktif, bakteri di pori-pori kulit, polusi udara, iritasi kulit atau terkena garukan, anabolic steroid, penggunaan pil KB, dan lain-lain.

Asam jawa bisa digunakan untuk menyembuhkan atau menghilangkan jerawat, baik menghilangkan dari dalam atau mengobati dari luar. Ramuan penyembuh jerawat berupa minuman bisa dibuat dari campuran 1 sdm asam jawa, 12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 1 sendok teh adas, 10 helai daun jintan, dan air matang 1 1/2 gelas. Cara membuatnya, cuci bersih-bersih semua bahan lalu hancurkan. Campur bahan yang telah dihancurkan dengan air, aduk lalu saring. Air perasan inilah yang harus diminum teratur sehari 3 kali. Untuk obat luar atau olesan, bisa gunakan asam jawa yang dicuci bersih, dihancurkan, lalu diambil airnya. Air ini baik digunakan untuk cuci muka.

Mengatasi Rambut Rontok

Keindahan rambut merupakan hal yang sangat penting dan membutuhkan perhatian. Untuk memperoleh rambut yang sehat, tebal, mengkilat dan indah tidak mudah. Kadang rambut mengalami berbagai masalah akibat gterkena polusi udara, air yang tidak bersih, sinar matahari, ataupun terlalu sering terkena bahan kimia dan mengalami pengeringan dan lain sebagainya. Akibatnya, rambut bisa menjadi kering, berketombe, ujungnya pecah, dan mengalami  kerontokan. Untuk mengatasi kerontokan pada rambut, dapat dibuat ramuan tradisional dari asam jawa dengan cara mencampur asam jawa yang telah matang dengan air matang, remas-remas asam hingga sarinya keluar dan bercampur dengan air. Selanjutnya, saringlah airnya. Gunakan air asam ini untuk membasahi rambut sambil dilakukan massage ringan. Biarkan selama beberapa menit, bilas dengan air bersih, lalu shampolah rambut seperti biasanya.

Demikianlah artikel tentang Asam Jawa Menyegarkan Dan Menyehatkan, semoga artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment