Thursday, May 15, 2014

Memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur Pada Entry Laman Blog

Bagaimana cara memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur yang tampil melalui Alat Webmaster Google, setelah menguji dengan memasukkan Url Laman Blog pada Alat Uji Coba Data Terstruktur (richsnippets) ? Pada kesempatan ini saya akan membagi Artikel Blog kepada Anda yang membahas tentang cara memperbaiki peringatan atau waring Kesalahan Data Terstruktur yang muncul pada Entry Laman Blog.

Tampilan kesalahan yang muncul dari Url Entry Laman pada Blog, umumnya juga sama dengan tampilan kesalahan pada Url Entry Post (Kesalahan: At least one field must be set for Hcard dan atau Kesalahan: Missing required field "name (fn)").

cara memperbaiki data terstruktur pada entry laman blog
Namun, sebelum memparbaiki Kesalahan Data Terstruktur pada Url Entry Laman Blog, pastikan jika Url Entry Post pada Blog Anda sudah tidak terjadi Kesalahan Data Terstruktur lagi. Untuk mengujinya, silakan klik (Alat Uji Coba Data Terstruktur) dan masukkan Url Blog atau Url setiap Entry Post. Jika masih terjadi / muncul Kesalahan Data Terstruktur, Anda bisa mengetahui cara memperbaiki kesalahan tersebut dengan mengklik (Memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur yang tampil pada Alat Webmaster Google).

Untuk memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur pada Entry Laman Blog, saya akan mencontohkan pada salah satu Laman Blog “Berbagai Artikel Menarik” ini. Misalnya, salah satu Laman yang saya beri Judul Laman “Contact”. Untuk labih jelasnya silakan lihat pada gambar di bawah ini:
cara memperbaiki kesalahan data terstruktur pada entry laman blog-1
Anda bisa melihat kesalahan Laman “Contact” blog ini pada gambar di atas. Nah, bagaimana memperbaiki Kesalahan data Terstruktur dari Url Entry Laman ? Anda bisa mengikuti cara atau langkah-langkah di bawah ini :
  • Silakan Login pada Akun Blogger Anda.
  • Pilih “Laman”, lalu Pilih “Edit” pada Laman yang memuat Kesalahan Data Terstruktur.
  • Setelah memilih “Edit”, silakan pilih “HTML” yang berada di samping kanan “Compose”.
  • Masukkan kode di bawah ini pada bagian paling bawah “Entry Laman”. Kodenya adalah sebagai berikut :
<div class="tagblog"><div class="vcard" id="hcard"><span class="fn"><span class="given-name">Ferry Bachtiar</span></span></div><a class="updated" href="http://satu-untuk-semuanya.blogspot.com/p/contact.html" rel="bookmark">Contact</a>Updated at : <abbr class="published"></abbr></div>
  • Pada kode di atas, jangan lupa mengganti tulisan yang berwarna Merah sesuai dengan data-data pada Blog Anda.
  • Klik “Pratinjau”.
  • Jika Pratinjau Entry Laman telah tampil sempurna, silakan Anda klik “Perbarui” untuk menerapkan perubahan pada Entry Laman Blog Anda.
Saya berharap semoga Url Entry Laman Blog Anda sudah tidak memuat Kesalahan Data Terstruktur lagi. Untuk mengujinya, silakan memasukkan Url Entry Laman Blog Anda pada Alat Uji Coba Data Terstruktur.

Demikianlah Artikel tentang “Memperbaiki Kesalahan Data Terstruktur Pada Entry Laman Blog”, semoga Artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :
Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

1 comments:

  1. Penyebab postingan data strukturnya bermasalah itu apa ya mas, bingung...

    ReplyDelete